Doctor's Search

DEMAM BERDARAH DISAAT CORONA / COVID-19

June 17, 2020

Di tengah Pandemi Covid-19 yang belum usai, para ahli mengingatkan bahwa masyarakat juga harus waspada terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue ( DBD). PANDEMI covid-19 yang kini melanda Indonesia dan dunia membuat pemerintah harus mengeluarkan himbauan agar masyarakat tetap di rumah untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. Namun, ancaman penyakit lain juga merebak di Indonesia di tengah musim hujan yang belum berakhir, yaitu demam berdarah dengue (DBD), yang disebabkan oleh Nyamuk Aedes Aegypti dan Nyamuk Aedes Albopictus. Berdasarkan data yang dilaporkan oleh Kementerian Kesehatan, pada tahun 2019 terdapat 41.883 jumlah kasus pasien DBD di seluruh willayah Indonesia, dan 266 meninggal dunia.

Gejala Utama :

Demam mendadak tinggi dengan suhu > 39 ◦ C ( 2-7 Hari), disertai gejala lainnya

Gejala Lainnya :

K= Kepala Sakit

L= Lemah, Letih, Lesu

M = Mual Muntah

N = Nyeri Perut, Otot dan Sendi

O = Organomegali  (Pembesaran Hati dan Limpa)

P = Perdarahan :

  • Gusi
  • Mimisan
  • Bawah Kulit ( memar / bintik merah )
  • BAB / Muntah Darah

Diagnosis

Demam Dengue dan DBD dapat didiagnosis dengan munculnya gejala-gejala seperti di atas disertai hasil laboratorium yang sesuai seperti pemeriksaan Trombosit  dengan hitung trombosit < 100 x 10^9/L,  NS1 (non-structural protein 1), IgM antibodi dengue yang positif sebagai tanda adanya infeksi akut, IgG ELISA positif, sebagai tanda pernah terinfeksi dengue di masa lalu, Leukopenia, Tes fungsi Hati, Urinalisis dilakukan untuk memeriksa apakah terdapat makro hematuria, dan pemeriksaan lainnya.

Pengobatan

Sampai saat ini, belum ada terapi spesifik untuk demam Dengue dan DBD. Terapi utama yang diperlukan adalah pemberian cairan untuk menjaga kecukupan cairan sebagai pengganti cairan yang hilang akibat kebocoran plasma, demam dan muntah/diare, seperti minum air cukup, oralit, air sirup, atau susu.

Pencegahan

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Saat ini, vaksin Dengue sudah tersedia untuk mencegah demam berdarah dengue dengan indikasi yang terbatas. Beberapa TIPS Pencegahan DBD diantaranya adalah:

  1. Lakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)
  2. Program 3M plus ( menguras, menutup, memanfaatkan barang bekas)
  3. Jangan menggantung pakaian

Pasang kasa ventilasi udara

  1. Jaga kebersihan
  2. Gunakan obat nyamuk
  3. Kenakan baju dan celana panjang
  4. Oleskan lotion anti nyamuk

 

 

Sumber :

  • https://www.sehatq.com/penyakit/demam-berdarah
  • https://mediaindonesia.com/read/detail/315045-waspada-demam-berdarah-di-tengah-pandemi-covid-19
Posted in Uncategorized by admin123